Terungkap, Begini 5 Cara Simpan Makanan Agar Tahan Lama

Terungkap, Begini 5 Cara Simpan Makanan Agar Tahan Lama

Untuk sayuran yang masih kotor dan ada tanahnya, cuci bersih dan keringkan. Saat hendak disimpan, sayuran harus benar-benar kering agar tidak mudah busuk. Bungkus dalam kertas bersih atau masukkan ke dalam plastik yang berlubang-lubang. Jika sayuran dibeli di pasar swalayan, umumnya sudah dalam kondisi bersih, sehingaa dapat langsung disimpan di laci sayuran di lemari es.

Cara menyimpan makanan dengan tepat

Daging mentah, ikan, dan unggas biasanya rentan menyebarkan bakteri di dalam kulkas. Tempatkan bahan makanan hewani ini di dalam wadah yang dapat ditutup atau piring di bawahnya untuk memastikan tidak ada cairan yang keluar. Tempatkan makanan ini di bagian bawah lemari es karena bagian itu paling dingin dan paling gelap dari kebanyakan unit. Menyimpan makanan di lemari pendingin merupakan cara efektif menyimpan makanan agar tidak terkontaminasi dengan bakteri.

Tempat untuk menyimpan makanan baik di freezer storage, fridge storage maupun dalam dry storage perlu pemantauan suhu. Ketiganya perlu dilakukan pengukuran dan pencatatan suhu ruangan secara teratur. Menyimpan waktu dalam waktu lama berisiko dan besar kemungkinan akan ditumbuhi jamur. Sebaiknya, menyimpan makanan dalam waktu singkat dan segera digunakan dapat mencegah munculnya jamur. Ada baiknya sebelum membeli bahan makanan untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa agar lebih meminimalisir tumbuhnya jamur pada makanan.

Terlihat melalui jeruk yang disimpan setelah sebelumnya dikupas terlebih dahulu kulitnya. Penyimpanan susu juga penting, sebelum dibuka susu bisa disimpan di luar. Tidak hanya itu, harus diingat kalau umur susu dalam kulkas hanya 5-7 hari setelah dibuka.

Dengan begitu, makanan sisa bisa kamu konsumsi lagi di lain waktu dan terhindar dari kuman. Jika makanan sisa disimpan dengan sembarangan, maka hal tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan. Ketika makanan sudah selesai dimasak dan akan disimpan di kulkas, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang tepat dan dalam kondisi yang tertutup rapat.

Lebih baik, lakukan pencucian buah dan sayur sebelum Anda mengonsumsinya. Untuk mengatasinya, kamu bisa membungkus batang pisang dengan aluminium foil agar lebih tahan lama hingga 4-5 hari. Anda dapat menyimpan telur rebus dengan aman di kulkas selama beberapa hari. Lemari es yang dapat mencapai suhu -50 C, dapat digunakan untuk penyimpanan daging, unggas, ikan, dengan waktu tidak lebih dari three hari. Jangan meletakkan makanan atau minuman berdekatan dengan barang mentah agar mengurangi potensi pencemaran bakteri. Begitu juga dengan buah-buahan yang belum matang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena membutuhkan suhu yang hangat.

Maka dari itu penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan makanan baik di dalam maupun luar tempat penyimpanan. Simpan daging mentah dan unggas dalam wadah bersih dan tertutup di rak paling bawah lemari es. Semua makanan yang akan dibekukan sebaiknya diletakkan di dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan erat di dalam plastik sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Beberapa jenis makanan memang perlu disimpan di kulkas untuk membantu memperlambat pertumbuhan bakteri dan menjaga makanan tetap segar dan aman lebih lama.

Maka dari itu, kita harus betul-betul memperhatikan bagian ini. [newline]Daging mentah, unggas, makanan laut, dan telur juga dapat menyebarkan kuman, karena itu perlu untuk dipisahkan. Daging perlu dipisahkan dari makanan lain karena dapat menyebabkan kontaminasi silang, yaitu Kong4D proses menyebarnya kuman dari daging ke makanan yang lain. Kontaminasi silang inilah yang sering menyebabkan penyakit dari patogen yang ditularkan melalui makanan. Secara umum, kita memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sebesar 2000 kkal lebih satuan energi tiap hari.

Namun, hal ini tentunya relatif tergantung pada kebutuhan kita masing-masing juga, karena setiap orang memiliki kebutuhan energi yang berbeda-beda. Saat sayuran mulai terlihat layu, sebaiknya angkat dari kompor supaya nutrisinya tidak semakin banyak hilang. Tidak perlu mengupas kulit sayuran tertentu karena nutrisi kadangkala justru paling banyak terkandung di bawah kulit. Misalnya, membiarkan kulit kentang saat direbus supaya gizinya tidak lenyap selama proses pemanasan. Sudah seharusnya sayuran menjadi bagian dari menu makanan sehari-hari.

Comments are closed.