Mempertimbangkan Pekerjaan Pertama Setelah Lulus Kuliah

Mempertimbangkan Pekerjaan Pertama Setelah Lulus Kuliah

Seperti jurusan bahasa yang biasanya lebih unggul dalam kemampuan menulis, membaca, aturan penulisan, grammar, dan lain lain. Atau untuk jurusan komputer dan IT, kamu bisa belajar aplikasi pendukung, ilmu bongkar pasang, reparasi, sampai rig laptop. Jose juga menambahkan bahwa Grit dapat ditumbuhkan dengan development mindset dengan memupuk dan terus fokus berlatih hingga mencapai tujuan dalam dunia kerja yang akan dilakukan. Dalam kesiapan kerja, Konsep Grit merupakan suatu sikap manusia untuk tidak mudah menyerah atau memiliki daya juang yang tinggi untuk bertahan hidup, terutama bagi mahasiswa yang baru lulus dari perguruan tinggi.

Tugas mereka yang bekerja sebagai System Analyst adalah menganalisa sistem yang dipakai oleh perusahaan. Dengan besaran pendapatan gaji mulai dari 6,5 hingga puluhan juta, kamu akan bekerja berdampingan dengan programmer. Kamu bisa cari tahu dari teman-teman ataupun saudara yang sudah lebih dulu terjun ke bidang itu. Dengan banyaknya tren digitalisasi, jurusan IT memang semakin dicari oleh perusahaan manapun. Oleh karena itu, kampus-kampus semakin bersemangat memperbaiki kualitas pengajaran jurusan IT. Tidak dipungkiri bahwa kemampuan membangun private branding itu sangat penting, apalagi kamu seorang freelancer.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahim antar alumni dan membangun jaringan . Melalui forum ini para alumni diharapkan bisa membagi dan bertukar informasi tentang aktivitas, pekerjaan dan peluang usaha sehingga bisa menjalin suasana kekeluargaan yang lebih akrab. Selain ajang berkumpul, gathering ini juga diharapkan dapat memperluas penyerapan sumber daya manusia bagi para alumni baik yang recent graduate ataupun yang sedang meniti karir. Jika Anda merasa salah jurusan atau di tengah hidup, entah apa alasannya, Anda diharuskan berpindah haluan untuk meniti karir di bidang yang baru, tentu kamu butuh ilmunya. Dengan memiliki Kartu Prakerja Anda akan diberikan akses seluas-luasnya untuk memilih sendiri kelas pelatihan mana yang akan Anda ambil. Sehingga, kamu bisa mendapatkan informasi meski lintas keterampilan.

Menurutnya, ketika seseorang meniti karier yang lebih tinggi, ada beberapa hal yang harus rela dikorbankan, termasuk waktu untuk keluarganya. Di sinilah, baginya, rasa saling pengertian dan dukungan penuh dari seluruh anggota keluarga sangat dibutuhkan. Sudah tentu bekerja memberikan pengalaman berbeda yang bisa menjadi keunggulan tersendiri dibanding mereka yang masih duduk di bangku kuliah. Mendapatkan pengalaman kerja, artinya selangkah lebih maju dibandingkan teman-temanmu yang masih berkutatat dengan kuliah. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa masing-masing keuntungan jika kamu memilih melanjutkan pendidikan dengan kuliah atau langsung kerja.

Dengan begitu, secara otomatis kamu akan mendapatkan setidaknya pendidikan dan ijazah yang lebih tinggi dari sekedar pendidikan dan ijazah SMA. Banyak orang sukses di luar sana yang hanya lulusan SMA atau sederajat, karena dari bekerja itulah pengalaman kita menjadi banyak untuk dapat kita pelajari. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mencari pegawai-pegawainya dari lulusan universitas-universitas atau institusi lainnya. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan atau institusi pemerintah yang lebih memilih merekrut Fresh Graduate atau lulusan-lulusan muda, jadi kesempatan untuk bekerja lebih banyak.

Jangan menunggu sampai dapat gelar sarjana untuk merencanakan sebuah karier di masa depan. Rancanglah masa depan lebih awal untuk hasil yang maksimal di kemudian hari. Karena dengan memiliki sebuah perencanaan, kamu akan lebih mudah menjalani segalanya.

Membangun karir tidak ada hubungannya dengan kesan dan ucapan selamat yang kamu terima. Pada akhirnya kuliah tidak untuk membuat dirimu terlihat mengesankan. Oleh karena itu, saya menyarankan milenials untuk fokus pada alasan-alasan mengapa kuliah, dalam rangka menjawab pertanyaan apakah perlu kuliah untuk membangun karir sukses.

Meniti karir dari kuliah

Penguasaan metode, tenik, alat bantu dan prosedur yang berlaku sangat dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Tidak hanya itu, upaya untuk memberikan ide dan gagasan strategi bisnis juga harus bisa dilakukan dengan kecerdasan intelektual yang terasah sejak dini, paparnya. Dalam program Kuliah Kerja teman-teman hanya akan berkesempatan mengenal kegiatan di industri dalam waktu relatif singkat, yaitu hanya dalam waktu dua hari saja. Sedangkan dalam kegiatan Kerja Praktek mahasiswa diharapkan dapat mengenal lebih jauh pekerjaan nyata di industri dengan terlibat langsung dalam aktivitas di industri selama kurang lebih satu setengah bulan.

Comments are closed.